Si Penerjemah

2014-05-28 / MH / Si Penerjemah / Indonesia 印尼 / Tidak ada


Si Penerjemah

Tok…tok…tok….oiiiii bangun udah telat jam ngantor loh ,teriak Dinda dari belakang pintu , yaaaa balasku dari dalam kamar…. Emang dah jam berapa sekarang ,”aduh masih ngantuk bangat” teriak Eva dalam hati ,
Diraih iphonenya yang tersembunyi di bawah bantal ternyata jam sudah menunjukan pukul 9 pagi , aduh telat lagi deh nih hari ,akhir2 ini rekor telat ngantor semakin hari semakin bertambah ampe atasan udah mau ngamuk , memang sejak pulang dari liburan di eropa seminggu yang lalu ,Eva masih belum bisa bangun pagi seperti biasanya , malah sepertinya mengalami JET-LAG yang parah bangat .
Eva segera bangkit dari ranjang nya dan langsung nyobros lari ke kamar mandi untuk mandi dan sikat gigi seperti biasanya , tapi kali ini cuman bisa pake sistem kilat karena udah telat ngantor , setelah keluar dari kamar mandi Eva langsung sibuk memoles muka dengan segala macam kosmetik , menurut Eva setelat-telatnya dia kekantor muka tetap harus di poles rapi , berdandan rapi paling tidak akan selalu terlihat sopan di mata para majikan dan Tkw-Tkwnya.
Jam sudah menunjukan angka 10:30 ketika Eva sampai di kantor, Eva berjalan dengan tergesa-gesa menunju meja kebanggaannya , dimana pangkat Eva di kantor sebagai seorang Penerjemah Agensi yang merekrut para Tenaga Kerja Asing dari Indonesia, sesampai di mejanya Eva segera saja membuka komputernya,serta memeriksa daftar pekerjaan hari ini yang harus di selesaikan, dilihat agendanya dengan segera, hari ini ada 2 janji, pertama jam 1 siang ada pertemuan dengan klien alias majikan baru dan sore jam 4 ada janji dengan majikan Ami .
Layar di depan komputer terlihat skype berkedap-kedip menandakan ada pesan masuk , segera saja Eva mengklik lampu orange itu , ternyata si Juliana sahabat Eva dengan pesan :

Juli : ampoen TANTE yang satu ini telat melulu loe ya
Eva : ya gitu deh masih jet-lag bu , malah kata si boss kalau gue tuh tubuh sih udah balik Taiwan tapi hati nya masih ketinggalan di eropa
Juli : wkwkwkwkwkk , tapi udah semingguan masa masih gitu parah sih
Eva : ya loe maklumin gue lah , di otak gue masih terbayang suasana Paris gitu loh hehhehheheh
Juli: udehhhhhh stop loe ngomongi si Paris jangan bikin gue iri deh
Eva : yeeeee… iri di piara
Juli : suka-suka ya
Eva : udeh yang serius loe nyari gue ada ape
Juli : masih ingat gak yang hari itu gue bilang mo kenalin loe teman abang gue yang baru balik dari jepang itu .
Eva : WHATTTTT………… loe segitu takutnya gue kagak laku ya
Juli: yaaa betul ………. bener takut loe gak laku, buktinya udah berapa lama gue kagak liat loe punya pacar , udah gak usah ngomong kalau masih trauma ato alasan lainnya , gue kan cuman kenalin aja , mana tahu cocok nantinya, bukan langsung mau kawinin loe kok.
Eva : idihhhhh galaknya, pake keluarin bahasa kawin lagi
Juli : jadi intinya loe mo kagak
Eva : ya kalau bibit bobotnya bagus , gue sih ok-ok aja
Juli : yang ini gue jamin deh loe gak nyesel
Eva: ya deh…. gue percaya ma kwalitas pilihan loe
Juli : kalau gitu gue kasih ya whatsapp loe ke dia ya
Eva : ya …. Tapi kasih gua dulu data2nya tuh cowok kayak namanya siapa ,terus umurnya , kerjanya apa gitu
Juli : Tony Xhu, 34tahun, Engineer alias insinyur
Eva : wah keliatannya lumayan juga ya
Juli : tergoda nih ye
Eva : masih belum tahu siapa yang mengoda siapa ya hehheheheh
Juli : hahahhaahahaha, Pokoknya di jamin loe gak nyesel deh , loe tunggu aja whatsapp dr si Tony itu ya
Eva : ok deh
Juli : udeh gue mo sibuk dulu ya
Eva : ok bye

Eva sedang menekan jari2 diatas keyboard ketika Boss nya itu memanggil dan segera saja Eva menyahutnya , ya pak ada yang bisa saya bantu ?
“Tadi majikan Ami telp kalau rencana kamu untuk mengunjungi Ami sore ini di undur hingga jam 6 sore”, ucap Boss Eva dengan wajah serius
“OK” jawab Eva pendek
“Kalau di undur waktu kunjungannya berarti gue bakalan semakin malam dong pulang ke rumah”,tapi mo gimana lagi namanya juga kerjaan cuman bisa di nikamati bukan di sesali, gumamku dalam hati
Tut..tut..tut ada pesan masuk segera saja Eva memeriksa iphonenya itu , siapa yang kirim pesan ya , ternyata pesan whatsapp dari Sari salah satu tkw bimbingan Eva

Sari : mbak
Eva : nape ?
Sari : akongku berantam lagi sama majikan tuh !!
Eva : terus ?
Sari : ya gak ada terus sih , cmn mo ngasih tahu mbak aja .
Eva : ya udah loe jangan ikutan aja hehhehhehe
Sari : ya gak mungkin lah mbak , saya masih mo terima gaji dari majikan
Eva : bagus lah kalau sampean ngerti hihihihiihi
Sari : ya emang biasa gitu lah mbak , pasienku alias akongku kan rada error kadang konslet mendadak gitu loh mbak
Eva : betullll ….. kalau si akong gak error gak mungkin kamu di kerjakan di situ kali
Sari : ya mbak, tapi untungnya akong mau di jaga aku ya
Eva : ya
Sari : ya udah mbak …… aku mo sibuk dulu ya
Eva : ok

Setelah sibuk beberapa saat akhirnya jam pertemuan dengan klien baru jam 1 pun tiba , klien tepat waktu tiba di kantor , klien ini bernama Mr Wang , dia ingin merekrut seorang pekerja asing untuk menjaga Ibunya yang sudah tua renta , dikarenakan Mr Wang sibuk dengan pekerjaan nya sehingga dia sangat membutuhkan seseorang yang setiap saat bisa berada di samping Ibunya , setelah di jelaskan panjang lebar tentang syarat-syarat untuk merekrut pekerja asing , maka Mr Wang dengan senyum khas nya itu berjanji untuk segera melengkapi persyaratan yang di butuhkan , akhir dari kesepakatan Mr Wang sepakat menandatanganin perjanjian dengan kantor kita , itu juga menandakan bahwa tkw di kantor kita akan bertambah satu lagi .

Hari pun terus berjalan dengan cepat tiba waktunya untuk mengunjungi Ami serta majikannya , sesuai dengan pesan dari whatsapp kemarin bahwa dia minta di bawakan : 1 majalah Indonesia, 1 lembar isi ulang pulsa internet , serta beberapa bungkus indomie , maka sebelum meluncur kerumah Ami ,Eva mampir dulu ke toko Indonesia untuk membeli pesanan Ami , di saat berada di toko indo tiba-tiba si iphone berbunyi tut..tut..tut, diraih segera si iphone ternyata pesan dari Ami

Ami : mbakkkk
Eva : nape cayang !
Ami : pesenan ami jangan lupa ya.
Eva : ye…. ini lagi di toko indo beresin pesenan sampean.
Ami : ok mbak makasih berat.
Eva : yoiiii , tunggu ya bentar lagi ke situ , terus Boss loe udah pulang belum.
Ami : udah barusan tuh.
Eva : mi….. akhir-akhir ini loe ada bikin ulah kagak.
Ami : ya gak lah mbak, mang majikan ada komplen apa kagak.
Eva : sementara ini sih kagak ada , cuman yang maren itu aja ,yang komplen soal loe main handphone melulu .
Ami : yeeee….. mbak, sekarang Ami mah udah gak segetol itu lagi main handphonenya , paling jam istirahat aja online liat-liat facebook gitu.
Eva : ya , pokoknya mbak kagak mo denger majikan komplen lagi soal loe main handphone ampe lupa daratan ya.
Ami : ya lah mbak, Ami tahu diri kok.
Eva : ok, tunggu bentar lagi mbak ke situ ya.

Beberapa saat kemudian Eva sampai juga ke rumah majikan Ami ,setelah bantu Ami menghitung gaji bulan ini , dan menyerahkan barang-barang pesanan Ami , serta bertanya kepada majikan Ami ,apakah akhir-akhir ini Ami bekerja dengan baik , majikan menjawab bahwa akhir-akhir ini keadaan pasien yang di jaga oleh Ami semakin lama semakin membaik , itu menandakan bahwa Ami bekerja dengan baik .
“Syukur deh kalau gitu, berarti karaoke gua yang panjang lebar di bulan kemarin sama si Ami ada hasilnya juga”, guman Eva girang dalam hati .
Setelah ngobrol beberapa saat Eva pun pamitan dengan majikan Ami, dan akhirnya pekerjaan hari ini selesai deh , saatnya pulang kerumah , tiba-tiba Eva merasa bunyi perutnya seperti sedang berpaduan suara ,itu menandakan perutnya minta di isi, segera saja Eva mengwhatsapp group Sohib satu flatnya

Eva: hallo girls , udah pada dinner belum?
Annie : belummmmm.
Dinda : enaknya makan apa yaaaaa.
Eva : apa ja deh asal bisa hentiin bunyi di perut gua ini !!
Dinda : hot pot yuk !!!!
Annie : cuaca gini panas masa hot pot sih.
Dinda : kan dalam restorantnya ada AC.
Eva : terserah deh apa aja , gue terima !!!
Dinda : Annie gimana loe …..
Annie : ya udah boleh lah hot-pot tapi gue 15menit lagi baru bisa minggat dr kantor ya.
Dinda : ya udah loe tar nyusul ke tempat biasa ya.
Eva : tapi entar gue sama dinda bakalan langsung maem dulu kalau loe gak muncul-muncul juga ya.
Annie : ok

2 jam kemudian akhirnya dengan perut kenyang kita bertiga berjalan keluar dari restorant hot pot dengan senyum puas, “akhirnya kenyang juga”, guman Dinda di sahuti Annie dengan kalimat “Puas dan Kenyang”, aku hanya bisa tersenyum melihat kelakuan para Sobatku ini , tiba-tiba ponselku berbunyi tut..tut..tut.. menandakan ada pesan masuk
0988123xxx : Hi

Nomer gak di kenal ,”palingan orang iseng barangkali” ,pikirku tanpa membalas. Beberapa saat kemudian setelah sampai di rumah, ponselku berbunyi lagi , kulihat sebentar ternyata pesan dari Tkw ku yang lainnya,
Ela : Hallo mbak sedang ngapain.
Eva : kenapa sayang , rindu sama aku ya.
Ela : idih mbak , GR amat.
Eva : boleh dong sekali-kali.
Ela : mbak pinjamin pulsa dong mo buat telp Doi nih.
Eva : sorry ya ela ,mbak bukan “BAKUL PULSA” ye.
Ela : ih mbak pinjamin napa sih.
Eva : kebiasaan buruk jangan di piara sayang , mo telp doi kalau ada pulsa silakan telpon , tapi kalau gak ada pulsa ya gak usah telpon, apalagi pake acara pinjam-pinjaman lagian minggu depan udah mo gajian , habis gajian baru beli pulsa buat telpon Doi mu itu ya.
Ela : tapi sekarang ini lagi pengen denger suara Doi mbak.
Eva : adoh sayang di pendam dulu aja rasa rindumu itu , tunggu minggu depan baru denger suara Doi mu itu ya.
Ela : ok lah mbak , tapi minggu depan mbak harus datang ya, harus tepat waktu ya .
Eva : SHIPPPP

Setelah sibuk seharian akhirnya sampai juga aku di ranjang tercintaku , nyaman sekali berbaring di atasnya pikirku, sambil merenungkan kesibukan hari ini, tiba-tiba kuteringat akan perkataan Juli mo kenalin aku dengan teman Abangnya yang bernama Tony ,Pikirku …. wah jangan-jangan whatsapp tadi yang kupikir orang iseng itu si Tony ya, apa sebaiknya gue balas aja ya dengan hai juga . Bagaiman kalau besok-besok saja karena sekarang sudah cukup malam , lagian kalau yang namanya JODOH juga gak bakalan jauh-jauh larinya, hehheheheheeh.


JET-LAG: Mabuk pascaterbang muncul akibat perjalanan cepat lintas meridian (timur-barat atau barat-timur) jarak jauh, yang timbul akibat penerbangan lama yang melintasi zona waktu.