Deru dan Bebu diFormosa

2015/5/19 / Indah / Deru dan Bebu diFormosa / Indonesia 印尼 / tidak ada

Rabu 22 agustus...
saat itu aku baru tinggal dirumah majikan satu minggu.
pagi-pagi aku dan kakek pergi kerumah sakit untuk periksa kedokter 2 minggu sx.
kami pergi kerumah sakit cuma berdua karna, anaknya kakek pada sibuk pada pekerjaannya masing-masing...
setelah selesai periksa dokter, kita pun mau pulang.
tapi kakek gak mau aku ajak pulang kerumah.
terus kakek manggil taxi, lalu aku dan kakek pun naik taxi itu.
terus kita pergi kesesuatu daerah.aku pun tak tau itu daerah mana ?
sesampainya ditempat itu,lalu kita pun turun dari taxi.terus aku dan kakek berjalan kaki sampai ketempat itu... lalu aku gak sengaja lihat,papan tulis yang tertulis (HOTEL).lalu aku pun sangat terkejut dan takut saat itu... lalu kakek nyuruh aku,masuk pintu lif.tapi aku gak mau... berulang-rulang kakek nyuruh aku masuk aku tetep gak mau....  karna kakek mau mau ngajak aku kayak gituan.aku denger kakek ngomong kayak gitu,aku sangat takut dan hatiku sangat gak tau mau berbauat apa lagi.lalu aku ngomong sama kakek... kek... ayo kita pulang ? hari sudah hampir siang...? tapi si kakek gak mau mau aku ajak pulang.saat itu aku bahasa masih kesusahan banget...aku berusaha sebisa mungkin bujuk sikakek supaya mau ku ajak pulang kerumah, tapi tetep aja gak mau ku ajak pulang.dan akhinya aku pun menangis ditempat itu...hingga terdengar seorang laki-laki penjaga hotel itu.akirnya laki-laki itu,nyamperin ketempat yang kita duduk... tapi gak ngomong apa-apa sama kita berdua.dia hanya berdiri didepan kita dan memandang kita berdua.
lalu sikakek pun mau ku ajak pulang kerumah.mungkin kakek malu sama orang itu.
Gak lama kemudian kakek ngajak aku pergi ke daerah guantu.kita berangkat dari rumah rumah pukul 08.30 AM pagi.untuk sampai ketempat stasion MRT 15/20 kalo gak salah.saat itu cuaca lagi panas-panasnya... tapi alhamdulillah saat itu masih pagi,jadi gak terlalu panas banget.akhirnya aku dorong sikakek dengan kursi roda.lalu kita sampai kestasion itu.lalu kita pun nyampe kestasion GUANTU.lalu kita pun turu...
turus aku dorong lagi sikakek,sengatan panasnya matahari itu begitu menyengat ditubuhku.lalu aku diperjalan... ada jalan yang turunnya sangat tajang dan panjang banget, aku takut  kakek jatuh.karna kursi rodanya gak ada remnya dan berat banget.... dan ditambah lagi, kakek ngomel-ngomel terus ke aku diada henti-hentinya....
aku sambil ndorong sikakek hanya bisa bilang Ya Allah... dan sambil nangis didalam hati.akhirnya kita pun sampai ditempat itu.perjalan yang kita tempuh sekitar hampir mau 1 jam perjalanan.soalnya kakek gak tau arah jalan untuk menuju ketempat itu.
setelah sampai ditempat itu... aku lihat, rupanya tempat sembahyangan. lalu untuk bisa masuk ke tempat itu.aku harus membutuhkan banyak tenaga extra,soalnya jalannya begitu memajat banget.aku rasanya gak kuat lagi untk mendorong sikakeka... tapi aku harus SEMANGATTT... !!! pokoknya.... akhinya dengan segala tenaga,akhirnya aku pun bisa melewat jalan itu.akirnya sesampainya didepan kereja itu... kakek pun turun untuk membeli makanan ringan untuk sembahyangan.selesai sembahyangan akhirnya kita nunggu bis.lalu gak lama kemudian,bis itu datang.bis itu kecil dan pake tangga,jadi aku gak bisa masuk sambil ndorong kakek.kakek pun akhirnya turun dari kursi roda sambil jalannya agak semboyongan... karna kakek sekarang kakinya sering sakit.aku saat itu sangat bingun,mana yang harus aku lakukan ? kakek atau kursi roda... karna bis disini sangat gerakkannya cepet-cepet.akhirnya kakek bisa masuk sendiri dan ada orang ngasih tempat duduk buat kakek.akhirnya aku mbopong kursi roda.tapi aq udah gak kuat dan kualahan mbopong kursi itu.badanku udah lemes banget... dan pintu bis untuk masuk pun sempit.akhinya ada seorang kakak perempuan yang mau ikhlas mbantu aku.aku begitu terharu banget masih ada orang yang mau bantu aku.
lalu gak lama kemudian... rupanya udah sampai ditempat daerah kita tinggal.lalu aku dorong lalu sikakek pake kursi roda,dari tempat MRT bis sampai rumah.sesampainya dirumah... rupanya nenek gak tidur sore,nenek hari itu memang sengaja gak sengaja tidur siang.nenek duduk didepan tv dan dengan wajah yang kesal,kemerahan sian menanti kita pulang.lalu kita pun masuk.lalu kakek duduk di sebelah nenek... lalu aku pun masuk keruang dapur untuk nyiapin sayuran dan nyuci beras buat makan malam.5 menit kemudian...akhirnya nenek bertengkar sama kakek,pake bahasa jawa taiwan.aku saat itu lagi-lagi bingun dan pikiran gak tau harus gimana.karna aku udah capek dan lemes banget ni badan...
setelah petengkaran selesai.sekitar pukul 14.00 sore,akhirnya kakek jengkel sama nenek.kakek pun pergi lagi.akhirnya aku mau gak mau,aku harus pergi nemeni kakek pergi.
kita dari rumah naik MRT kereta,sampai didaerah Jingmei.akhirnya kita turun.lalu kakek ngajak aku ke Hotel,sambil aku dorong kakek pake kursi roda.
sampai didalam kakek pesen satu kamar untuk berhinap kita berdua.lalu kita masuk kedalam kamar,aku suruh kakek tidur.tapi kakek gak mau tidur... malah nyalain tv dan noton film forno,dan nyuruh aku melihatnya... tapi aku gak mau akhirnya aku masuk kekamar mandi.didalam kamar mabdi aku nangis... gak lama beberapa menit kakek pun manggil aku.akhirnya aku pun keluar dengan wajah yang merah dan mata yang bengkak.kakek nyuruh aku ganti baju.setelah kakek selesai ganti baju,kakek pun akhirnya tidur.karna waktu udah jam 12 malam.kakek nyuruh aku tidur 1 ranjang tapi aku gak mau.lalu aku memilih tidur dilantai yang,beralas kotor dan dingin... tanpa bantal dan tanpa selimut.akhirnya aku ambil tas kecil yang kubawah dari rumah untuk tempat obat kakek.akhinya aku pake tas itu buat bantal kepala ku...
tapi aku gak bisa tidur,lagi-lagi pikiran ku gak karuan dan takut sama nenek yang dirumah.karna saat itu nenek sering punya curiga dan marah-marah sama aku...
aku pun gak bisa tidur sampai pagi.akhirnya setelah pagi hari kita pun keluar dari Hotel.banyak orang yang lihat kita berdua dan mengamati kita berdua.aku terasa malu kepada mareka... Dikirain aku sama kakek habis gituan.padahal aku gak melakukan gituan.lalu ku ajak kakek pulang kerumah tapi gak mau diajak pulang.lalu kakek nyuruh aku dorong dia kedaerah shong shan.perjalanan 1 jam.ditengah panas teriknya matahari.aku pun dorong lagi... saat itu aku lagi puasa ramadhan.pelan-pelan dorong kakek pake kursi roda,karna kita berjalan dijalan raya besar.aku takut kesrepet kendaraan.sampai tempat itu akhirnya kakek,nyari orang itu.tapi orang yang kakek cari gak ada ditempat itu.lagi-lagi aku dorong kakek pulang sampai kestasion shong shan.terus kita naik MRT jurusan Tamsui,sampai di Tamsui kakek minta aku keliling dipinggir pantai itu cuaca begitu panas.badan ku terasa lemas banget... rasanya gak kuat aku jalani puasa.tapi aku berusa untuk kuat menahan haus, dan lapar sampai waktu berbuka.alhamdulillah akhirnya aku bisa.setelah keliling pantai itu... kakek minta pulang,akhirnya kita pun pulang kerumah.
gak lama beerapa hari kakek minta aku pergi kesuatu tempat.tanpa menjelaskan ke aku pergi kemana ?
lalu aku pun turuti keinginnanya.akhir dari rumah kakek mau minta bis,tapi aku gak mau karna sangat berbahaya dan kekek juga jalannya kurang baik.aku bilang sama kakek... aku gak mau naik bis karna bahaya.tapi kakek malah marah-marah dan bentak-bentak aku,sekeras mungkin... akhirnya dengan terpaksa aku turuti kemauannya kakek... akhirnya kita naik bis.sikakek naik sendiri sementara aku bopong kursi roda.si sopir itu marah-marah sama kita berdua.aku cuma bisa berdiri dan diam tanpa kata satu pun.sesampainya disana kita pun turun.seperti biasa, kakek turun sendiri dan aku bopong kursi roda.sampai ditempat itu kakek minta pulang.lagi-lagi kita naik bis lagi.sampai di tempat taman daerah ku tinggal.aku ajak kakek pulang kerumah tapi kakek gak mau pulang... malah bentak-bentak aku ditaman.cuaca yang begitu panas banget... udah dimarahin sama si pak sopir ditambah lagi kakek ngomel- terus.rasaya aku mau njerit sekeras-kerasnya,tapi aku gak bisa.
setelah pukul jam 4 sore... aku bujuk dengan halus.akhirnya kakek pun mau ku ajak pulang kerumah.