diary kecilku

2014-04-21 / tri winarsih / diary kecilku / Indonesia 印尼 / tidak ada 

DIARY KECIL KU
aku seorang gadis remaja yang tumbuh dari keluarga sederhana yang mempunyai mimpi dan harapan layaknya gadis remaja lainnya
Berawal dari kehidupan keluarga ku yang tidak harmonis dan tak pernah aku dapatkan kasih sayang yang seutuhnya layaknya gadis remaja lainnya,setelah lulus sekolah aku berniat pergi berkerja keluar negeri,entah apa yang mendorongku untuk pergi kenegara yang tak pernah aku tau ini.” yang pasti ingin merajut asa yang lebih baik,namun karen usiaku yang belum mencukupi,membuatku tidak bisa pergi “. ! kenpa disaat aku ingin dan siap ada saja hambatan !,aku berfikir hidup ini tidak adil,kenapa disaat aku ingin merubah hidupku,ada saja hambatan !.
Terdiam ku dalam lamunan dan dalam hatiku berberkata “ tuhan peluklah mahluk kecil ini,aku yakin suatu hari kau izinkan aku untuk melangkahkan kaki ini,disaat kaki dan tubuhku sudah kuat untuk menopang apa yang akan terjadi nanti.”
Setelah berfikir panjang aku putuskan untuk pergi kejakrta,disana aku berkerja kurang lebih 2 tahun,namun tetap saja hati dan perasaan ku terganggu dengan niat awal ku,ingin pergi ketaiwan pada suatu malam aku terbangun dari tidur ku,terdiam ku dngan suasana yang sunyi,dari sebuah lubang kecil,dijedela kamar ku berhebus angin yang menuntunku berjalan mengambil air wudhu dan kujalankan sholat malam,,,ku jalankan dengan penuh kusuk aku merasakan hawa yang berbeda damai dalam hidup ku,kuangkat kedua telpak tangan ku dan berkata .
“ tuhan aku percaya suatu hari nanti apa yang menjadi harapan dan keinginaku akan terwujud dengan segal izin dan ridho mu,tenangkan lah hati dan jiwa ku ini,yang sellu risau dengan kehidupan ku “,mentes lah air mata dipipiku yang terasa mebalut dan membasus rasa kecewaku,,,,,,

2 tahun berlalu
kulajutkan niatku untuk pergi ketaiwan,pada tahun 2008 tepatnya pada tanggal 3 desember 2008 aku berngkat ketaiwan dengan segala harapan dan semngat,tanpa aku ketahui apa dan bagimana negara taiwan itu,rasa takut dan cemas sellau ada,namun demi sebuah harapan dan keinginan ku tepis semua rasa itu.Setibanya ditaiwan aku sedikit terdiam dengan keadaan dan suasan yg jauh berbeda dengan negara ku,pukul 09.00 waktu taiwan dari sebuah mobil sedan berwarna hita keluarlah 2 orang laki2 dan 1 perempuan berpakian sangat rapih,mungkin itu majikan dan agen fikirku,setelah saling bertemu dan sapa,mereka membawaku kepenggurusan ARC,seblum akhirnya meraka membawa kerumah majikanku.setibanya disana ,kulihat seorng nenek yg sudah tua renta duduk dikursi roda menanti kedatangan kami.”
Dengan segala yang baru dan suasana yang baru,aku mulai perjuangan ku disini,tidak mudah memang dengan segala keterbatasan dan kekuranganku,dengan perbedaan bahasa.latar belakang,agama dan karkter,perlahan tapi pasti aku jalani,pekerjaan baru,sebagai perawat ama,pekerjaan yang tak pernah aku lakukan sebelumnya,tapi hatiku selalu berkata dan berdoa.
“ tuhan aku sanggup dan bisa,karena itu Engkau tempatkan dan izinkan aku berada disini “.
hari demi hari kulalui,aku sangat bersyukur berkerja dikeluarga ini,yang mau menerima kekurangan dan mengajariku, tidak membedakan antara aku dan merka,tak terasa 3 tahun berlalu tiba waktunya aku untuk kembali ketanah air,sehari seblum kepulanganku majikan berbicara dan menawarkan pada ku,dan merka meminta aku untuk kembali lagi berkerja disini,tanpa rasa ragu dan berfikir panjang aku terima tawaran majikanku,majikan membantu dan mengurus semuaanya.aku diizinkan pulang 11 hari,senangnya aku karna bisa bertemu orang tua,sanak saudara dan orang-orang yang kusayang,banyak perbedaan yang aku rasakan sebelum dan sesudah dari taiwan.tidak teras 11 hari adalah waktu yang cukup singkat dan cepat,tiba saatnya aku untuk kembali ketaiwan melajutkan kontrak kerja dan tugas ku disana.karena suduh terbiasa dimajikan yang sama,aku sudah bisa dgn cepat menyesuaikan diri dengan kehidupan meraka,aku pun mendaptakan kebahgian yang tak pernah kudaptkan dilingkungan keluarga ku sendiri,susah senang bersama merka sangat aku rasakan,dan aku mulai paham betapa sulitnya kehidupan dan berkerja dinegara lain,jauh dari sudara dan orang tua,namun dengan kebersman yang luar bisa,aku mulai terbisa dan menikmati keadan dan pekerjaan ku pada waktu itu.
“ Terimakasih TUHAN engkau telah berikan kesempatan pada ku,untuk jalani semua ini “
1 tahun berlalu dikontrk kedua ku,aku mulai tergoda dengan keadan diluar sana,aku tergoda dengan satu webset disitus internet,yang memberikan kesempatan pada para BMI untuk bisa menimba ilmu,tepatnya di universitas terbuka taiwan,saat itu aku senang sekali akhirnya aku ada kesempatan untuk melajutkan pendidikan ku,tanpa fikir panjang aku meminta izin pada majikan ku,agar aku bisa mengikuti perkuliahan itu,wktu itu terbuka pendaftaran universitas terbuka taiwan angkatan 3.pagi itu dengan cuaca yang cerah dengan suasan hati yang sangat gembira,disela sela sarapan pagi aku berbicara dan menyampaikan keinginaku pada majikan,15 menit berlalau aku biacara “ di hatiku sangat berharap majikan dapat meberi izin, Namun,,,,,,AHHH semua menjadi semu hanya angan2 ku saja,majikan tidak mengizinkan aku untuk melanjutkan dan mengikuti kuliah disini dengan alasan tidak ada yang menjaga ama dan tempatnya jauh dari tempat tinggalku,,sudah kujelaskan pada mereka bagimana tata cara kuliah disitu,,namun hasilnya nihil,merka tetap kukuh tidak memberi izin padaku,rasa senangku pun menjadi rasa kecewa,tapi aku tetap percaya suatu hari aku bisa menjadi salah satu mahasiswa di Universitas terbuka taiwan,haari demi hari aku berharap dan berdoa,sedikit terlupakan tentang Universitas terbuka taiwan karena pekerjan dan kesibukanku,namun pada suatu hari fikiranku tergoda lagi untuk mendaftar ,kebetulan waktu itu masih dibuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan 4,diam diam tanpa sepengetahuan majikan,aku mendaftarkan diri dan diterima menjadi mahasiswa baru di Universitas terbuka taiwan angkatan 4,senang nya aku pada waktu itu,,tanapa aku fikir bagimana kalau majikan mengetahui tidakan ku ini,Ahhh,,, ( sedikit masa bodo dgn keegoisanku ),namun disisi lain rasa takut dan cemas selalu menghatui ku,pada suatu malam dengan suasana yang dingin,pada malam itu perlahan aku bicar pada majikanku,bahwa aku sudah terdaftar menjadi mahasiswa di Universitas terbuka taiwan denagn menjukan selembar kertas yang menyatakn kalau aku sudah menjadi salah satu mahasiswa di Universitas terbuka taiwan,,,, Majikan ku terdiam sejenak dan seakan tak percaya dengan tindakkan ku,kujelaskan pada mereka kenapa dan mengapa ? ,mereka hanya diam dan mendengarkan pembicaraanku,dan berlalu,,,,

berjalan 2 bulan dari keputusan yang kuambil,perbedaan dari majikan mulai aku rasakan,,,yaa aku paham kenapa merka bersikap seprti itu padaku,karena merasa bersalah dan sudah merasa tidak nyaman dengan suasana yang berbeda sejak 2 bulan yang lalu,akhirnya aku putuskan untuk memutuskan hubungan kerja dengan majikan,dan mencari pekerjaan baru,majikan mengizinkan dan menghormaati keputusanku,merka juga tak mempersulit proses baruku.

MASA MASA SULAM KU

akhir bulan maret 2012 aku pulang ketanah air,dengan rasa kecewa dan menyesal dengan apa yang sudah aku lakukan,”
“ OH TUHAN kuatkan aku untuk melalui jalan hidup ini,yang kuinginkan sellu dalam ridho mu,berikan petunjukmu agar aku tidak salah melangkah “
setiba dirumah aku disambut oleh sosok ayah yang selalu ada untuk ku,yang selalu memberi semangat dan dorongan.perlahan rasa kecewa dan menyesalku ku mulai hilang,dan ku mulai langkah baru lagi,aku kembali mendaftar menjadi BMI untuk menjdi buruh dipabrik dengan proses yang baru dengan harapan dan keingina yang baru. Ahhh ,,,,,
“ aku berfikir kenapa manusia tidak pernah puas,selalu berharap dan berkingina baru “ lama aku berfikir dan mengambil kesimpulan ! Tanpa ada harapan dan keingina baru aku tidak akan mempunyai semngat baru,bila aku tetap ditempat yang sama itu hanya akan membuat ku terlena ! Ku buang jauh jauh fikiran itu,dan kulajutkan langkah ku,,,.

Begitu banyak hal yang aku alami saat itu dan ternayata tidak semudah apa yang aku bayangkan,proses begitu lama,banyak yang harus ku ulang dari awal lagi,tapi aku tidak menyerah,aku terus menuggu dan mencari pekerjaan baru dengan sabar,suatu hari perushaan yag mebantu prosesku memberi kabar,bahwa ada job di panti jompo,karena aku berfikir pekerjan itu tidak jauh berbeda dengan pekerjaan ku pertama,kuputsakan untuk mengambil pekerjaan itu,dengan penuh harapan dan sabar aku menunggu,,,dan terus menunggu,Ahhh kesabaran ku diuji lagi,perusahan yg menggurus proses baru ku mengatakan,ada satu hal yag menyebabkan visa ku tidak bisa turun jadi pekerjaan itu dicancel,ingin sekali waktu itu aku marah marah dan marah,,tapi untuk apa ? Dan aku berfikir mungkin ini belum rezeki ku, kata menunggu dan sabarlah yang aku daptkan lagi,aku tetap bertahan demi apa yang aku inginkan,,ini adalah ujian dan tantang yang memang harus aku jalani.
Lama menunggu tidak ada kepastian dan kabar yang pasti,aku memutuskan untuk pindah proses ke prt lagi,dan disitu ku ulang lagi dari awal,betapa letihnya aku,tapi aku harus tetap kuat dan bisa,tidak lama kemudian aku mendpatkan majikan,rasa senang yang sangat teramat sangat,serasa aku terbangun dari tidur panjangku,satu bulan lamanya aku menunggu visa ku turun,satu minggu sebelum aku berngkat,perushaan yang meprosesku memberi kabar bahwa tgl 20 sudah pasti aku akan berngkat ketaiwan,rasa letih dan kecewaku serasa terobati,seakan akan,api kecil mulai meberi sinar terang diperjalanan hidupku,sesegera mungkin kuambil HP dan ku ketik sms kepada ayah.

“Yah tanggal 20 aku sudah pasti berngkat “ tut tut,,bertanda ada balasan sms dari ayah “ ya syukur nak,semoga ini menjadi awal perjalanna hidupmu yang baru,hati – hati dan selalu ingat pesan ayah nak “ dan hanya ku jawab “ iya yah,, “

tidak tau kenapa hari itu rasa senang ku bercampur dengan rasa gelisah “ aku berkata ya tuhan kenapa aku gelisah,hari ini aku bahgia,peluklah aku agar hilang rasa gelisahkau “,terdengar suara azan,dan segera mungkin aku mengambil air wudhu dan mejalakan kewajibanku,tak lupa kulatunkan beberapa ayat suci al-Quran supaya hati ku merasa tentram,tidak lama kemudian terdengar dering hp ku,kulihat dan kubaca ternyata sms dari kakak ku yang berisi “ win bisa tidak bisa kamu harus pulang malam ini “ hanya itu mebuat ku berfikir ada apa tiba-tiba
sms menyuruhku pulang,waktu sudah menjukan pukul 20.15 wib,aku pun menjadi panik dan pada akhirnya aku meminta izin pada ibu asrama untuk pulang malam itu juga,pukul 21.00 aku beranjak dari jakarta menuju lampung,dengan rasa panik dan gelisah selama diperjalanan aku sms kakak,,” ada apa kk aku sudah dijalan “ kakak ku hanya menjawab,kmu sudah dimana hati-hati dijalan “ hanya itu mebuatku semakin panik saja,,lalu ada sms masuk dari seorang sahabatku,,yg mengatkan “ sabar win ini sudah jadi takdirnya setiap manusia “

terdiam dan berfikir dengan sms itu,apa maksudnya aku semakin bingung dan panik,sudah tidak ku perdulikan lagi bunyi hp ku,yg difikiranku, aku cepat sampai kerumah,pukul 09.00 aku tiba diterminal bus dengan dijemput oleh saudara ku,dan membawa ku pulang,dia pun tak berkata apa,karena dia sedang mengemudikan motornya dengan cepat,aku tidak menggunya atau bertanya ada apa dirumah,,karan tidak mau menggangu kosentarainya dalam mengemudi motornya dengan kecepatan tinggi,setibanya dirumah aku terdiam dan terkejut dengan apa yang kulihat. “ kulihat begitu banyak orang dihalaman rumah ku ada apa ini ? “ dihatiku bertanya ? dan tanpa sadar menetes lah air mata ku,kakak ku dan adikku yang paling bungsu sudah menuggu ku didepan pintu,seorang bapak tua menghampiri ku dan menuntun ku kedalam rumah dan menepuk pundak ku dengan berbisik,” sabar dan iklaskan,supaya ayah mu damai dan tenang disana”,saat itu baru aku sadari dirumahku,ada duka,,dengan tidak percaya kulihat tubuh yang sudah terbalut rapih dengan kain kafan,,masih tidak percaya,“ tuhan apa iya tubuh itu ayah ku,yang kemarin masih kudengar suara dan hembus nafasnya,sekarng kulihat dia sudah terbalut kain kafan, rasa tidak percaya masih ada dibenaku,lalu seorang pria setengah baya mengatkan pada ku,,apa kamu ingin melihat dia untuk terakhir kalinya nak “ dengan derai air mata aku tak sanggup bicara hanya ku aguk kan kepalku,,kulangkah kan kakiku 2 langkah dengan keadaan tubuh yang goyah,,tepat dismaping tubuh yang berbalut kain putih itu,aku berdiri kemudian peria setangah baya ,membukan sedikit bungkusan itu, Dan kulihat wajah ayah ku yang sudah layu dan bertabur bedak putih,,,tak mampu aku menahan sedih,,dan benar-benar manjadi hari terakhirku untuk melihat wajah ayah,,,.
“Ya Tuhan,kenapa ini terjadi begitu cepat,dimana aku akan memulai perjalan hidupku yang baru,baru kemarin rasanya aku bahgia,hari ini sudah engkau buat aku sedih,semua hilang dan resa kembali kealam tidurku,rasa kehilangan yag sangat dan teramat kehilngan,tidak ada tempat bersandar.

“ TUHAN aku rapuh,apa aku bisa hidup tanpa ayah,beliau yang sellu ada untuk ku,yang selllu setia mendengar keluh kesahku,kenapa Engkau ambil ayah secepat itu “

sejak kepergian ayahku fikiranku mulai kacau dan terlintas dalam benakku hidup ini tidak adil,kenapa selalu aku yang meraskan semua ini,kenapa aku tidak pernah bahagia,,namun kuulang lagi memory masa laluku,ku ingat lagi apayang sudah TUHAN berikan pada ku dan aku tersadar hidup ini adalah roda perputaran dimana setiap orang akan merasakan hal yang sama,berfikir ku lebih dalam,aku tidak boleh menyalahkan TUHAN dan hidupku,TUHAN yang sudah meberiku TUHAN juga yang akan mengambilnya dariku,HIDUP yang meberikan ku kesmpatan dan waktu,bisa merasakan kebersamaan bersama ayah ku,dua hari berlalu ayah meninggalkan ku,air mata ini seakan kering dan berhenti didadaku,semakin aku termenung dan terdiam tidak akan mengembalikan ayah ku,kepada ku,aku harus kuat,bangkit dan berdiri lagi,apa yang terjadi biarlah terjadi,aku tidak boleh menyalakan siap-siap ini adalah kehidupan,yang memang harus kujalanni,5 hari berlalu ayah meninggalkan ku, dan aku pun harus segera kembali kejakrta karena keesokan harinya aku akan berangkat ketaiwan,dengan perasaan sedih dan pilu yang masih sangat terasa dibenaku,dimana aku masih membutuhkan dan ingin dekat dengan orang yg kusayang,,,,Namun aku harus tetap pergi,untuk mengapi impian ku,aku tidak boleh kalah dengan kesedihanku,aku masih harus menjaga adikku yang bungsu,menjadikanya dan membantunya mengapai cita-citanya menjadi seorang yg berguna bagi bangsa ( menjadi salah satu anggota AL,“ impian ayah ku seblum beliau pergi “ ),sudah banyak hal yang dikorbankan,dilewati rasa letih,kecewa,sakit,,aku tidak ingin sia siakan hidupku,semua ini adalah ujian yang akan menjadikan ku kuat dan menjadikan ku lebih dewasa.

“Jangan jadikan kesedihan sebagai penghalang untuk mengapai asa dan impian,sebanyak apa air mata mengalir,sebanyak itu kebahgian yang kita dapat,jangan pernah putus asa,hidup untuk dijalani bukan untuk disesali,jangan pernah pupuskan harapan,karna semua itu semangat hidup kita”
aku bahagia dengan kehidupanku ku sekarng,dengan profesiku sekarng walapun hanya seorang BMI sekaligus sebagia mahasiswa di universitas terbuka taiwan angkatan 4 ( berkerja sambil kuliah itu sangat melelahkan ,harus bisa mengatur waktu ,menjaga kondisi untuk bisa menjalani keduanya dan kehidupan lainnya ) meskipun jauh dari orang-orang yang kusayang,mereka slalu hadir dalam hidupku,dengan doa merka,kadang rasa kesepian hadir dan membuat ku berfikir,kenapa kehidupanku seprti ini,” berfikir dan terus berfikir aku bodoh kalau selalu meratapi hidupku yang pahit seprti ini,aku harus bersyukur,,aku harus semangat melawan rasa yang mebuat ku sakit dengan begitu aku akan selalu merasa bahagia,meskipun hidupku selalu berkelanan,harus tetap aku jalani,karena ini hidupku,” TUHAN tau apa yang terbaik untuk “ dan aku yakin “ suatu hari nanti akan aku dapatkan keindahan hidupku “

so buat teman temans syukuri segala apa yang kita punya sekarang,nanti,dulu dan dimasa yang akan dantang,jalan hidup kita memang berbeda,tetapi tujuan kita sama ingin hidup bahagia.dan jaga lah orang-orang yang sayang sama kita selama meraka ada dan kita mampu menjaganya,walupun jauh,,kita bisa menjaganya lewat doa.

UNTUK AYAH
Ayah aku tau engkau lelah,izinkan aku
untuk memijitmua dalam do'a
Ayah tidurlah damai disana,dan
lihatlah aku dari kejauhhan
Ayah terimkasih atas segal yang kau berikan
padakuu,,,,
Ayah terimkasih engkau telah meberi
membibingku dan menjaga kau hingga aku dewasa
Ayah lihat lah aku,,,aku selalu merindukanmu
Ayah maafkan aku bila slama ini aku mebebani mu
Ayah maafkan aku bila aku sedih
karana tak mampu menahan ini semua ini sendiri
Ayah akan ku buktikan pada mu,,,
bahwa aku bisa menjadi kebangganmu
AYAH,,,

DAN
IBU terimakasih karena kau telah melahirkanku kedunia
ini
tanpa kurang satu apa pun
sehingga aku mampu untuk melihat indahnya dunia ini
Dan bisa merasakan pahit manisnya dunia ini

AYAH
IBU
terimkasih untuk semua ketulusan mu,,




DO'A KU

TUHAN aku ingin segala sesuatu bisa berjalan dengan baik,dengan semua kehendakmu,aku tidak ingin ada sesorang yang tersakiti oleh ku
TUHAN mudahkan segala keinginan ku untuk menjadikan diriini orang yang berguna buat siapa saja,mudahkanlah segala cita,citra dan cinta ku dan orang2 yang kusayang,jauahkanlah aku dari sifat-sifat burukku
Jagalah imanku,ketaqwan ku,jagalah orang-orang yang kusayang yang jauh disana
bimbinglah aku untuk sellu berjalan kejalan yang engkau ridhoi
Iklaskanlah aku untuk melepaskan segala sesuatu yang bukan untukku
baearikanlah kebahagian pada orang-orang yang tersakiti oleh ku
jadikanlah diri ini sebagi seseorang yang bisa bertanggung jawanb,jujur,bersyukur,beragama
jauhkanlah aku dari sifat – sifat yang engkau benci
Berikanlah kedamian pada Ayah ku disyurga,pertemukan kami disana

TUHAN terimakasih untuk segalanya
kuUucapakn alhamdulilah dan rasa syukur yang sebesar-besarnya





salam sayang
untuk semua teman-teman yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan saya dan mohon maaf apabila ada kata kata yang kurang berkenan :)

By : TRI WINARSIH