formosa2006



2014-05-14 / putri andin / formosa2006 / Indonesia 印尼 / Tidak ada

formosa2006
takpernah membayangkan sebelmnyabahkan mengenal namanya pun ak tidamaklum ak tingal d desa bawahkaki gunung tapiakhirnya 2006 takdir membawa membawaku jua ke tempat ini
formosa tempa indah yg antara laut dan gunungmenyatu sungguh indah
2006 mei peristiwa yg tk dapatku lupakan seumurhidupku karna hari itu pertama x ak menginjakn kaki di negri ini setelah terkurung selama kurang lebih 2 bulan akhrnya kucium jua udarasejuk tanah formosa perlahan kulangkahkn kkiku diiringisejumlah temanteman se nasib seperjuangn meningalkn kluarga tercinta demimasa dpan yg lebih baik
seiring langkahkakiku mungkin jika bisa kulihat cermin bisa kulihat wajah katroku yg penuh kebingungan saat itu pikiranku d penuhi rasaaneh yg sebelumnya takpernah kurasakan terutama rasa takut dankhwatir beraduk bercampur
menjadisatu takut dngan apa yg akan terjadi apapkerjaanku bagaimana watak bossku walow memang d jobku tertulis jagaanak tapiorang bilang kadang pkerjaan tidasesuai dngan job yg tlah dtndatangani , apalagimengingat bahasaku yg masih nol besar cuma satu dua kata saja yg ak bisa owh tuhan benar benar rasa takut itusemakin besar saat itu
Bismilah, bismilah, bismilah berapakali kata itu ku ucapkan karnacuma kata itu ygmampu memberi aku ketenangan dan kekuatan
Singkat cerita sampailah ak ke tempat majikan saat itu majikan tak ada di rumah terpaksa ak dan agency yg mengantarku menunggu brdiri dipinggir jalan di depan rumah majikan selang berapa lama seorang wanita anggun umurnya emang tua karna diatelah jadi nenek tapi dia masih nampak cantik dan bugar dia menggayuh sepedanya membonceng anak lakilaki tanpan danlucu usianya 3 tahun dialah cucu kesayanganya anak yg aku jaga
Ayoooh pu hau i se rang nimen teng hen cio " ucap wanita cantik itu setelah menyimpan sepedanya sambil menghampiri ak dan agen ku
Wajah cantik dan ramah itu seketika mendamaikan pikiran ku yg penuh kekhwatiran apalagi saat tibatiba anak kecil itu menghampiri ku dan pegang tanganku mashaalah damaiterasa hati ku
Ni ciou semo ming ce? pertanyaan singkat darimulut si cute membuat suasana terasa akrab
Nunung" jawabku singkat sedikitgugup
Tapi gelitik pertanyaan pertanyaan keci sicute yiyi keke membuat ak ada sedikit keberanian untuk bicara walau cuma dengan bahasa yg minim
tapi cukup buat suasana semakin akrab
Setelah semua urusan selesai agency pun pergi tinngalkan ak sendiri tapi aneh kali ini ak merasa sangat damai tak sedikitpun rasa takut mungkin karna ak telah melihat kenyataan senyum manis dan keramahan bossku mungkin itu yg membuat aku tenang
Pekerjaanku awalnya sangatlah ringan aku menjaga dua orang anak satu lakilaki usia3 tahun dan perempuan yg masih termasuk bayilah karna usianya belum genap 1 tahun merekaanak anak ygsangat lucu aku sangat menyayanginya seperti anaku sendiri karna memang aku sendiri seorang ibu anaku percis umurnya sama seperti anak lakilaki yg ku asuh usianya 3 tahun tapi anaku perempuan
Mungkin ak akan d anggap ibu yg kejam meningalkan buah hati yg sangat butuh butuhnya kasih sayang dan memilih mengurus anak orang demi uang walau sebenarnya dlubukhatiku yg paling dalam tak sedikitpun ak niat meningalkannya himpitan ekonomi dan fikiran kemasa depan itulah hal yg memaksa ku pergi meningalkan buah hati tepat 3 bulan setelah ulang tahun ketiganya
Owh tuhan sakit sekali kala mengenang itu semua
Takterasa hampir 2 tahun aku di formosa waktu cepat sekali berlalu anakanak pun tlah tumbuh besar mei meipun sudah hampir 3 tahun usianya kedekatan ku terhadap anak anak ternyata membuat kekhwatiran majikanku ,anak anak menyayangiku seperti ibunya sendiri kami sangatlah dekat tidur bersama makan bersama bahkan kemana aku prgi anak anak pasti bersama ku bahkan anak anak lucu itu punya sedikit makanan pun ingat sama aku yg paling mengesankan saat sebelum tidur aku harus mendongeng dan bernyanyi , ea alhmdullah walau belum 2 tahun aku sudah ada kemajuan bahasa ku didampingi sedikit bahasa ingris bekal dari sekolah walou cuma lulusan smp ak juga rajin membaca buku saat menemani anak anak belajar jadi tulisan mandarin pun bisa kubaca walau cuma sedikit sedikit
Menginjak usia mei mei 3 tahun ada perubahan dalam kehidupan ku di taiwan, karnatingal satu tahun lagi masakontrak ku habis dan aku telah memutuskan tida akan pernah kembali lagi ke taiwan setelah finish contrak nanti , karna itulahm majikan ku memutuskan menyekolahkan mei mei anak perempuan yg aku jaga dari usia sebelum satu tahun itu, karna diasudah sangat tergantung padaku , tak bisa jauh dari ku kedekatan kami sudah seperti ibu dan anak i love u mei mei chen te siang ni woteu pau pe
Saat mei mei mulai sekolah akupun mulai tak ada pekerjaan setelah menyiapkan sarapan dan antar anak sekolah aku ngangur seharian
Saat itu kebetulan boss ku punya pabrik di ciayi dan barangny di kirim ketaipei yg mengelola nenek cantik kadang merasa nganggur ak pun merasaga enak hati karna mereka siang seharian tak ada di rumah
Suatu hari nenek melihat ku jenuh d rumah dia pun mengajakku pergi ngantar barang sambill jalan jalan katanya
Uffffssss... Ternyata barangnya
berat juga 10 kilo keatas bahkan ada yg 32 kilo satu dusnya aku harus mengangkat menaikan ke mobil dan menurunkanya bahkan kadang aku harus mengangkat dan berjalan jauh ke tengah pasar
Entah apa yg terjadi dengan nasibku dari penjaga anak berubah jadi kuli panggul mashaalah nasib ea nasib terkadang aku terawa menertawakan nasibku terkadang aku menangis karna lelah tapi kasih sayang keluarga boss ku dan juga demi cita cita ku ku coba enjoying aja pekerjaan ku toh banyak hal yg ku dapat di sini saat mengantar barang aku keliling keliling kota taiwan tida cuma taipe bahkan sincu, tauyuan, ilan, cilong dan lain lain
Bahkan kini aku jadi banyak tau pasar pasar didaerah taipei yg sebelumnya aku takpernah tau saat menjaga anak juga tempat tempat wisata taiwan dan makanan khas taiwan banyak yg ku cicipi karna setiap sepulang ngantar barang nenek selalu mengajaku jalan jalan dan makan makan seperti halnya ke cilong aku diajak jalan jalan ke pantai yg indah saat ke ilan kami sering beli es cream yg terbungkus tanpig dan ke sincu makan makanan khas ke jia sungguh kenangan yg mengesankan
Owh....waktupun cepat berlalu tiga tahun telah terlewati tepat saat kepulangan ku diiringi tangisan anak anak terutama mei mei bukan cuma air mata bahkan dia mengamuk takrelakan aku pulang menjerit jerit sampai suaranya hampir hilang yatuhaan sunguh berat kutingalkan keluarga ini yg walau puncuma tiga tahun kebersamaan tapi tlah bisa mengisi renung hatiku dan jadi bagian hidupku tapi apa hendak dikata kontrak finish dan juga itu bukan rumahku keluargaku menunggu di indonesia
Akupun pulang dengan derai air mata antara duka meningalkan mereka dan bahagia bertemu dengan keluarga
"Terimakasih tuhan telah ku titipkan aku di tempat yg tepat saat pertama kali ku jauh dari keluarga ku ,aku bersuykur di sini aku bisa dapatkan ilmu, kenangan indah dan luas rijki tuk bangun rumah.........i love u my bossss......