Kisahku dinegri formosa

2014-05-30 / Sri widiyawati / Kisahku dinegri formosa / Indonesia 印尼 / tidak ada


KISAHKU DINEGRI FORMOSA

Formosa awal tahun 2009 aku datang dengan segala keterbatasan ,ngak bisa bahasa ngak ngerti budaya dan adat orang taiwan dalam hati yg penting berangkat karena sudah tekat bulat ingin mengubah nasib ,aku kerja di sing xu mereka sangat baik banget walau bahasaku porak poranda mereka selalu mengerti aku ,aku merawat ama yang sudah pikun dan seorang kakek yang sudah sangat tua tapi masih sehat bagaimana saya ngak bilang tua umurnya sudah di atas 90 tahun .singkat cerita di saat aku disini satu setengah tahun ama meninggal dunia dan akhirnya aku berpindah job merawat kakek .
Aku diberi kebebasan beribadah disini karena aku seoarang muslim aku bisa sholat lima waktu berkat kebaikan majikanku bahkan alhamdulilah aku juga bisa puasa disini sesuatu yang sangat aku syukuri sampai saat ini ,seoarang majikan yang baik dan kebebasan untuk beribadah.
Banyak tradisi unik di taiwan tahun baru perhitungan kalender cina bulan 1 tgal 1 ,ini adalah tahun baru hari pertama ,setiap orang akan memakai baju baru dengan harapan sukses dalam segala hal .Bulan 4 tgal 5 untuk mengenang para pendahulu sudah tiada ,orang orang bisa menyiapkan barang barang untuk sembahyang ,bunga uang kertas dan pergi kemakam untuk sembahyang .pada bulan lima 5 tgal 5 makan kue bulan ketiga hari ini setiap rumah digantung satu barang berupa jimat untuk menghindari semua yang tidak diinginkan ,bulan 7 tgal 15 bulan 7 disebut dengan bulan hantu ,pada bulan ini banyak pantangan yang harus dipatuhi misalnya tidak boleh berpergian terlalu jauh ,tidak boleh bermain deket air ,tidak boleh melaksanakan pernikahan dibulan ini ,dan masih banyak lagi tradisi unik di taiwan
Taiwan adalah negara yang sangat indah dan mempunyai kemakmuran yang tinggi ,sering saya jumpai dihari minggu ditaman warga taiwan yang begitu makmur ,ada yang menari olah raga ada yang hanya kumpul2 saja ,begitu juga dengan kami bmi yang ada di Formosa juga setiap hari bisa membawa yang kami rawat jalan jalan ketaman untuk berolah raga ,kami pun bisa bersama dengan teman teman satu