Alzheimer

2015/5/21 / Rieca / Alzheimer / Indonesia 印尼 / tidak ada

Alzheimer

Weipao,nenek berusia 93 tahun kelahiran negara China yang berimigrasi ke Taiwan dan menetap disini.
Weipao adalah nenek yang saya jaga Dia mempunyai penyakit darah tinggi,kolestrol,gula darah dan satu lagi penyakit yang belum pernah saya tau Dia mengidap penyakit yang disebut “ALZHEIMER”.
apa itu penyakit Alzheimer?
Alhzheimer adalah penyakit yang tidak menular,melainkan sejenis sindrom dengan sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan,penyakit ini biasanya meningkat seiring dengan bertambahnya usia bermula pada usia 65 tahun.
Penyakit yang diderita oleh Waipao sudah memasuki level 4 Waipao sering menagis tanpa sebab,berbicara sendiri,marah tanpa aturan,melihat sesuatu yang saya tidak melihatnya,bicaranya sudah kesana kesini tidak menentu (luan ci pau cau).
Waipao juga seperti anak anak (lau-lau siau-siau) orang tua yang kembali kemasa kanak-kanak jiwanya,Dia pinginnya ada yang memperhatikan Dia setiap waktu,memeluk Dia,menemaninya berbicara dan jika malam hari Dia takut sendirian Dia sering bilang wo hen haipa...
dengan sabar saya terus membelai-belai rambutnya dan berbicara sama Dia supaya Waipao tidak takut sampai akhirnya Dia tertidur tapi sebentar didalam tidurnya Dia bangun dan teriak papa mama dan menangis Dia benar-benar seperti anak kecil memori ingatanya sudah berubah menjadi anak kecil yang butuh kasih sayang dan ingin selalu dimanja,Dia tidak suka mandi tapi selalu saya paksa mandi dan akhirnya didalam kamar mandi saya kita berdua berkelahi layaknya anak anak dengan badan Waipao yang lumayan besar 70 kg dan saya hanya 43 kg Dia pegangin tangan saya “kamu mau bunuh saya ya ayoo siapa yang menang” ucapnya,akhirnya dengan keringat yang bercucuran dan basah kuyup selesai sudah saya mandiinnya.
*
Wow ka tha, jika Dia melihat orang yang gemuk
Wow ka pioliang, jika dia melihat orang yang cantik
disitu terkadang saya merasa puhouise-nya,jika ucapanya jelek saya langsung bilang maaf Dia ada penyakit Alzheimer,terkadang orang juga tida tau apa yang Waipao ucapkan karena bahasa Dia mengunakan bahasa chechang hua atau bahasa china.
sha sha loh jika Dia sedang makan semuanya berantakan dan tidak bisa dibilangin dan tidak mengerti apa yang saya bicarakan,Dia banyak pertanyaan majikan saya sering bilangin Dia “e wai pha tha” karena terlalu banyak bicara dan mengeluh namanya saja orang tua yaa begitu.
percakapan singkat saya dengan Waipao...
Waipao : wo cemepan?
Saya      : puyung pan
Waipao : ranhau cemepan?
Saya      : wo lai pan hau pu hau
Waipao : wo mei yio cien cemepan?
Saya      : wo ka tau cien
Waipao : cente a...,ni kan wo te khotai itien cien tho meoyio cemepan?
Saya      : langsung ambil tisu saya lipat trus saya masukin ke kantongnya dan bicara“ni kan ni yio ka tao cien cai kothai li”
Waipao  :hau hau (sambil senyum senyum).
**
Waipao paling suka dikamar mandi berjam jam,Dia tidak mandi dan juga tidak BAB Dia duduk diatas matung dan menghitung uang dari tisu yang berlembar lembar dan dengan nada menghitung 1,2,3,8,100 terus diulang ulang begitu.
jika Waipao menagis sepanjang jalan saya tidak pernah lupa yang namanya bawa permen sekali Dia menangis saya kasih Dia permen langsung menangisnya berhenti, Dia suka yang manis-manis.
***
cerita diatas mengajarkan saya banyak hal
1. menjadi orang yang sabar
2. mengerti bahasa china chechang hua walaupun sedikit
3. mendorong saya untuk menjadi yang terbaik
yang saya takuti kalau nanti sudah tua seperti Waipao cemepan?
orang tua yang sudah tidak ingat asal usulnya,namanya,kehidupan sehari-hari Dia tidak tau kasihan banget tapi mei fang fa mau bagaimana lagi?
“Hidup sudah ada yang mengatur kapan,dimana serta bagaimana” hanya ALLAH SWT yang tau.
berusaha dan berdoa semoga semua akan baik-baik saja.
*****
          Work Is Carefully