SESAL

2015/5/27 / Rice Riyanti / SESAL / Indonesia 印尼 / Tidak ada

kini aku hanya bisa meratapi nasib buruk yang menimpa hidupku. Hanya menangis yang bisa aku lakukan untuk meluapkan kepedihan di hatiku. Jiwaku terbang melayang meninggalkan jazadku yang kini sedang tergenang rasa pilu yang dalam. Pipiku terasa tak pernah kering, selalu basah dengan air mata. Penyesalan kini membungkus tubuhku yang terasa amat menyesakan dadaku.
“Aku memang bodoh! kenapa aku bisa berbuat sebodoh itu? mengapa aku bisa dibutakan oleh nafsu? mengapa aku bisa diperbudak oleh hawa nafsu?”.
Angan-anganku kembali membumbung tinggi terbang mengambang di awang-awang. Ingatku kembali berkelana ke saat-saat itu, saat–saat dimana aku kini harus menyasali mengapa saat-saat itu harus terjadi. Saat-saat yang kini harus ia bayar mahal dengan air mataku ‘ Saat-saat yang tak akan pernah ku lupakan seumur hidup. Dan Saat-saat yang akan selalu kusesali ,entah sampai kapan penyesalan ini akan slalu menghantuiku .
Namaku maryani tapi aku biasa di panggil Ani aku seorang  tkw kaburan ,sudah hampir 2 tahun aku berada di negri formosa ini ,dulu aku bekerja sebagai perawat orang tua ,majikan ku cukup baik hanya saja ama yang kurawat sedikit cerewet ,selalu ada saja yg salah dalam pekerjaan ,walopun begitu setiap bulan aku di beri jatah untuk berlibur ,dan biasanya waktu liburku aku habiskan sekdar berkumpul bersama teman-temanku .
Sampai pada akhirnya aku memutuskan untuk kabur dari rumah majikan ku dan itu adalah awal dari kehancuranku ,pada awalnya aku tidak punya sedikitpun niat untuk lari ,karena wlopun nenek yang ku rawat sangat cerewet tapi toh majikanku baik , pekerjaanku tidak terlalu berat dan aku juga masih di beri waktu libur walou pun hanya sebulan sekali .
Ahhhhrg ini semua karena aku terlalu bodoh mudahnya terperangkap dalam cinta yang pada akhirnya menesatkanku
Bodohnya aku begitu saja percaya dengan orang yang baru saja ku kenal ,orang yang ku anggap baik ,memiliki wajah seperti malaikat ternyata berhati iblis, aku tidak penah berpikir sedikit pun bagaimana mungkin orang yang sangat aku cintai dan yang aku anggap malaikat justru dia yang akan menghancurkan hidupku membawaku pada dunia hitam .
Lamunan ku kembali pada kejadian dua tahun yang lalu ,saat saat pertama kali aku mengenal yoga ,yoga adalah kekasihku sekaligus orang yang memperkenalkan aku pada dunia malam,aku mengenalnya melalui facebook dan pada akhirnya kami memutuskan untuk kopi darat pada awalnya yoga sangat baik perhatian ,selalu memberikan apapun yang aku mau ,setelah beberapa bulan kami jadian aku baru tau kalou yoga ternyata seorang TKI kaburan .
Kami bertemu hanya sekali dalam sebulan karena memang aku hanya bisa libur sekali saja dalam sebulan dan untuk melepaskan rindu biasanya kami berkomunikasi hanya lewat telepon atau media sosial,hingga pada suatu hari yoga memintaku untuk kabur dengan alasan dia tidak bisa jauh dariku dan agar kami bisa slalu bersama, yoga juga meyakinkanku kalou kaburan itu gajihnya lebih besar dan bisa libur tiap minggu
Aku tidak langsung mengiyakan permintaan yoga karena aku tau menjadi seoarang pekerja illegal tidak mudah atau seindah yang dibayangkan karena aku tipikal orang yang slalu berpikir kedepan ,dan slalu memikirkan baik buruknya langkah yang akan ku ambil,setau ku menjadi pekerja illegal kita akan kehilangan hak hak kita sebagai warga Indonesia seperti perlindungan ,jaminan kesehatan dll.
Ahh tapi cinta yang aku rasakan untuk yoga terlalu besar sehingga aku takut kehilangan dia dan aku tidak mau mengecewakan dia ,akhirnya aku luluh dan menuruti semua kemauannya ,waloupun sebenarnnya aku takut,tapi aku terlalu mencintai yoga dan biarlah anggap saja ini adalah sebuah pengorbanan untuk cinta kami ,walou pun pada akhirnya cinta ini yang menghancurkanku ,ibarat air susu di balas dengan air tuba  .
pada minggu pertama yoga masih bersikap manis pada ,melindungiku dan aku merasa sangat berharga dan menjadi wanita yang paling bahagia karena memiliki pria bertanggung jawab dan baik seprti dia ,hingga ku berikan semuanya bahkan aku rela memberikan kesucianku padanya ,karena yoga selalu meyakinkanku bahwa akan menikahiku hingga aku terlena dan aku sangat mempercayainya .
sayang aku sudah satu minggu loh disini tapi sampai sekarang aku belum dapat kerjaan uang tabungan ku sudah hampir habis aku memang tidak punya banyak uang karena setiap bulan gaji ku aku kirim ke kampong aku hanya menyisihkan sedikit untuk keperluanku disini ,nanti aku mau makan apa
sabar yank ,aku juga berusaha terus nyari kerjaan buat kamu tapi belum ada ,aku juga masih sibuk dengan pekerjaanku  aku janji klo aku libur aku langsung cariin kerjaan buat kamu, lagi pula kalou masalah makan ada aku  masa iya aku membiarkan orang yang aku cintai kelaparan ,Aku hanya tersenyum simpul dan mengangguk .
hari-hariku terasa sangat membosankan hanya makan tidur atau baca majalah tak ada kegiatan lain ,terkedang aku berpikir kenapa aku nekad seperti ini ,tapi semuanya sudah terlanjur ini sudah menjadi keputusan yang ku ambil dan apapun resikonya harus kutanggung.
selang beberapa hari kemudian yoga mengajaku kesuatu tempat ,dan mengenalkanku pada seseorang yang katanya akan memberiku pekerjaan,di membawaku mungkin kesebuah diskotik ,karena memang sebelumnya aku tidak pernah menginjakan kakiku di tempat hiburan malam seperti ini.
Ini tempat apa tanyaku pada yoga diskotik ,bukan nya kamu bilang kita akn menemui orang yang akan member ku pekerjaan kenapa kesini
Sudah jangan banyak Tanya nanti juga kamu tau ,setelah itu aku tidak lagi bertanya apapun dan mengikutinya dari belakang
Bukannya memberiku pekerjaan alih-alih dia malah menjualku dan menjadikan aku seorang pelacur ,rasanya dunia seperti mau kiamat bagaimana mungkin orang yang sangat kucintai orang yang kuanggap seperti malaikat justru dia yang menjerumuskan ku pada dunia hitam dan membawaku pada jurang kehancuran …
Ingin rasanya aku lari tapi aku mau lari kemana ? siapa yang mau menolongku karena memang tidak banyak orang yang ku kenal disini ,aku memang punya beberapa kenalan disini itupun tidak terlalu dekat dan aku yakin mereka tidak akan bisa membantuku ,mana mungkin ada yang mau membantu kaburan seperti aku ,mau tidak mau demi untuk bertahan hidup akhirnya pekerjaan ini pun aku jalani ,aku merasa menjadi manusia yang sangat kotor menjijikan.
Setahun sudah berlalu aku merasa sangat lelah dengan keadaan ini aku ingin lepas dari semua ini ,aku ingin kembali ke negriku ,berkumpul kembali bersama orang tuaku tapi aku malu ,entah apa yang akan aku katakan pada kedua orang tuaku nanti jika mereka tau tentang apa yang aku lakukan disini,ya mereka memang tidak tau mungkin tidak akn pernah tau tapi aku tidak akan pernah bisa menutupi rasa bersalahku ,menangis dan menyesali kebodohanku entah sampai kapan aku akan terjebak dalam situasi yang tidak pernah aku inginkan ..
Ibu maafkan ani bu ,ani tidak bisa menjaga kepercayaan ibu ,masih terngiang detilingaku akan semua nasehat ibu sebelum aku menginjakan kakiku ke negri Formosa
Nduk jaga diri baik-baik ,hati-hati disana katanya ditaiwan itu pergaulannya bebas ,pintar-pintar pilih teman jangan sampai kamu ikut-ikutan yang macem-macem….iya bu ani pasti bisa jaga diri
Tapi apa sekrang aku hanyalah sampah masyarakat ,masihkah Tuhan mau membukakan pintu tobat untuk manusia seperti aku  aku
Waktu berputar terasa sangat lambat akhirnya aku memutuskan untuk berjalan jalan sekedar melepas penat mengelilingi sudut kota shinchu itulah yang biasa kulakukan untuk membuang rasa bosanku ,langkahku terhenti dari kejauhan aku seperti melihat sosok pria  yang aku kenal  pria yang dulu pernah menjadi bagian yang terpenting dalam hidupku pria yang pernah mewarnai hariku dengan keceriaan dan pria yang sangat ku cintai tapi itu sebelum dan menjadikan seperti ini .
Yogaaaa teriaku ,sepertinya dia mendengar teriakanku dia menoleh tapi setelah menyadari kehadiranku ,dia mencoba untuk menghindar dia terus berjalan menjauhiku ,,aku berusaha untuk mengejarnya dan tetap berteriak memanggil namanya tak ku hiraukan tatapan orang padaku aku hanya berpikir aku ingin menghampri yoga dan ingin kuluapkan kemarahanku padanya ,sampai – sampai aku tak menyadari braaaakkkkk sebuah mobil menabraku tubuhku terpental jauh melayang  ragaku terpisah dari jasadku,inikah akhir dari penderitaanku ,inikah akhir dari segala penyesalanku .
Aku yakin diluar sana masih banyak  yoga yoga yang lain dan aku hanya bisa berharap tidak aka nada lagi orang seperti aku  mengatas namakan cinta untuk berbuat kesalahan dan pada akhirnya menjerumuskan diri sendiri ,tapi semua kejadian ini membuat aku menyadari ,bahwa cinta yang sesungguhnya adalah menjaga ,melindungi sebagaimana seorang ibu mencintai anak-anaknya bukan menghancurkan .

THE END